Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Timur Lakukan Inseminasi Buatan untuk Tingkatkan Mutu Ternak Sapi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 24 Agustus 2020 - 19:41 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur menerapkan kawin suntik atau inseminasi buatan pada ternak sapi di Desa Tangkum, Kecamatan Raren Batuah.

Dokter hewan, Rizaldi menjelaskan tujuan perkawinan sapi dengan sistem inseminasi buatan adalah untuk meningkatkan mutu ternak lokal mempercepat peningkatan populasi ternak dan menghemat penggunaan pejantan.

"Inseminasi buatan juga mencegah adanya penularan penyakit kelamin akibat perkawinan alam. Kita juga dapat melakukan perkawinan silang antar berbagai ras sapi," ungkapnya saat mendampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur meninjau peternakan sapi di Desa Tangkum, Senin, 24 Agustus 2020.

Inseminasi buatan yang diterapkan di Desa Tangkum berasal dari pejantan jenis limousin sedangkan betinanya dari jenis sapi Bali.

"Keuntungannya kita bisa menghemat biaya. Dengan adanya inseminasi buatan peternak tidak perlu lagi memelihara pejantan sapi, sehingga biaya pemeliharaan hanya dikeluarkan untuk
indukan saja," lanjutnya.

Dia menjelaskan dengan inseminasi buatan juga dapat menghasilkan generasi baru anak bakalan
penghasil daging yang berkualitas pada ternak potong dan meningkatkan produksi susu pada ternak perah.

"Perbaikan mutu genetik sapi menjadi lebih cepat dan lebih baik karena berasal dari pejantan unggul," pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi berharap populasi ternak sapi di Desa Tangkum dapat terus ditingkatkan.

"Dengan populasi yang cepat berkembang, nanti pemerintah melalui dinas pertanian akan membantu menambah luasan hijauan makanan ternak," ungkapnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru