Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Babinsa Koramil Tumbang Jutuh Hadiri Ritual Adat Pakanan Sahur Lewo di Desa Tajah Antang Raya

  • Oleh Rokim
  • 29 Agustus 2020 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Babinsa Koramil 1016-05 Tumbang Jutuh Pelda Lorensius Saragih dan Sertu Edi Supandri menghadiri acara ritual adat pakanan sahur lewo di Desa Tajah Antang Raya, Kecamatan Rungan Barat, Kabupaten Gunung Mas.

Ritual adat ini merupakan bentuk penghormatan kepada para leluhur selaku penjaga kampung. Tujuan dari upacara ini untuk meminta perlindungan dari segala marabahaya, penyakit, meminta rejeki sekaligus mempertahankan adat dan tradisi suku Dayak Kalimantan Tengah.

Pelda Lorensius dalam kesempatan ini mewakili Danramil berharap masyarakat harus tetap melestarikan budaya dan adat yang sudah ada, meski zaman sudah modern seperti sekarang ini.

"Melalui kegiatan ritual adat ini dapat melestarikan nilai-nilai budaya adat Dayak. Harapan kami selaku Babinsa tradisi yang sudah berjalan harus kita jaga dan lestarikan" katanya.

Ceko selaku Damang menjelaskan ritual init merupakan salah satu rangkaian kegiatan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Hadir pada kegiatan itu Camat Rungan Barat, Danramil 1016-05 Tumbang Jutuh diwakili Pelda Saragih beserta 1 orang, Damang Adat Rungan Barat, Kades Tajah Antang Raya, Mantir Adat, Toga, Tomas, Todat dan tamu undangan. (ROKIM/B-6)

Berita Terbaru