Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Palangka Raya Intensifkan Patroli Cegah Karhutla

  • Oleh Hendri
  • 01 September 2020 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya mulai mengintensifkan patroli lahan kosong untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kepala BPBD Kota Palangka Raya Emi Abriyani mengungkapkan, yang menjadi prioritas dalam melakukan patroli adalah kawasan-kawasan yang dinilai rawan terjadinya Karhutla seperti di jalan lintas trans Kalimantan Tengah.

“Saat ini Kota Palangka Raya sudah memasuki musim kemarau. Lahan kosong mulai kering dan sangat rawan terjadinya Karhutla,” ungkapnya, Selasa 1 September 2020.

Menurutnya penyebab utama terjadinya karhutla akhir-akhir ini karena adanya aktivitas masyarakat yang membuka lahan dengan modus membersihkan lahan lalu membakarnya.

Sebagai upaya antisipasi pihaknya juga  memasang beberapa plang imbauan dan melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat agar tidak membakar lahan.

“BPBD Kota Palangka Raya tidak melarang masyarakat melalukan aktivitas pembukaan lahan, namun ada baiknya di situasi kemarau yang kering dan cuaca panas seperti ini masyarakat bisa menahan diri untuk membakarnya dan gunakan alternatif lain," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru