Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelajar dan Mahasiswa Antusias Ikuti Pelatihan Perawatan Topeng di UPT Museum Balanga

  • Oleh Hendri
  • 15 September 2020 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pelajar dan Mahasiswa yang menjadi peserta pelatihan perawatan guci, topeng dan piring malawen di UPT Museum Balanga nampak atusias menyimak serta mempraktekan cara merawat benda-bensa khas Dayak Kalteng. 

Ketertarikan para peserta yang terdiri dari perwakilan siswa-siswi tingkat SMP dan SMA serta perwakilan mahasiswa di Kota Palangka Raya itu mengingat topeng yang merupakan bagian dari hasil karya seni ternyata memerlukan tata cara dalam merawatnya.

Kepala UPT Museum Balanga Hasanudin mengatakan, kegiatan pengenalan cara perawatan topeng merupakan hari kedua  dari rangkaian kegiatan pengenalan cara perawatan guci, topeng dan piring malawen yang dilaksanakan mulai 14 sampai dengan 16 September 2020.

"Sehari sebelumnya atau usai pembukaan sudah dilaksanakan kegiatan pengenalan cara perawatan guci. Hari ini cara perawatan topeng dan besok cara perawatan piring malawen," ungkapnya. 

Hasanudin menambahkan pengenalan cara perawatan guci,  topeng dan piring malawen,  merupakan program Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng melalui UPT Museum Balanga Palangka Raya.

Dia berharap agar para generasi muda ini bisa memanfaatkan keberadaan Museum Balanga, mengingat banyak benda serta koleksi bernilai tinggi di dalamnya dapat menjadi sumber edukasi. 

"Kegiatan ini diharapkan membangkitkan motivasi generasi penerus untuk ikut melestarikan karya cipta seni budaya daerah," ungkapnya. 

Sebelumnya Kepala Disbudpar Kalteng, Guntur Talajan mengatakan, program pemerintah pusat dan daerah saat ini tengah diarahkan untuk mendorong masyarakat terutama pelajar, mahasiswa, komunitas dan budayawan untuk lebih mencintai budaya dan sejarah daerah. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru