Aplikasi Manajemen Relawan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Plt Gubernur Kalteng Tinjau Rapid Test Massal di Muara Teweh

  • Oleh Ramadani
  • 01 Oktober 2020 - 19:15 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) bersama Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melaksanakan bakti kesehatan berupa kegiatan rapid test massal dan pengobatan gratis bagi masyarakat. Kegiatan berlangsung di Pasar Pendopo Muara Teweh, Kamis 1 Oktober 2020. Target dari kegiatan itu adalah 300 orang.

Dalam kegiatan tersebut, Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya langsung melakukan peninjauan bersama Kapolda Kalteng, Danrem 102/Panju Panjung dan Kajati Kalteng. Peninjauan tersebut juga didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekda Ir H Jainal Abidin, asisten sekda, kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Barito Utara dan lainnya.

Habib Ismail Bin Yahya mengatakan, kasus Covid-19 terkonfirmasi di kabupaten setempat terjadi peningkatan. Sampai dengan tanggal 30 September 2020, tercatat 289 orang terkonfirmasi, 6 orang suspek dan probable 12 orang, sembuh 205 orang dan meninggal 12 orang.

"Upaya yang telah dilakukan berupa perluasan rumah sakit perawatan pasien Covid-19 dengan membangun 50 kamar perawatan. Kita harapkan pelaksanaan bakti kesehatan rapid test ini dapat berjalan dengan lancar, agar angka penyebaran covid-19 di Barito Utara dapat ditekan,” kata Habib Ismail Bin Yahya.

Adapun, lanjut dia, bila dalam pelaksanaan ditemukan hasil reaktif, maka akan dilakukan karantina mandiri di rumah selama 14 hari dan bila kemudian bergejala sebelum 14 hari, akan dilakukan pemeriksaan lanjutan swab. Apabila hasil swab positif, dilakukan isolasi di RSUD Muara Teweh.

“Untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, saya juga mengimbau dan mengingatkan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan (menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak). Cepat lambatnya pemutusan mata rantai penularan Covid-19 sangat tergantung peran serta masyarakat,” kata Habib Ismail Bin Yahya.

Habib Ismail Bin Yahya juga mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Barito Utara menuju Kalimantan Tengah Berkah (bermartabat, elok, religius, kuat, amanah dan harmonis).

Usai kegiatan, Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya menyerahkan masker kain dari Satgas Pemprov sebanyak 5.000 lembar kepada satgas kabupaten yang diterima Wakil Bupati Sugianto Panala Putra. Selain itu juga ada penyerahan masker medis sebanyak 1.000 lembar dari Kapolda Kalteng yang diserahkan kepada Kapolres Barito Utara. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru