Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Barito Utara Lakukan Uji Petik DPS Pilkada Kalteng

  • Oleh Ramadani
  • 13 Oktober 2020 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten Barito Utara melakukan uji petik terkait Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020 di Hotel JnB Muara Teweh.

Ketua KPU Barito Utara, H Malik Mulyawan mengatakan, uji petik ini merupakan salah satu upaya KPU untuk lebih mengoptimalkan jumlah pemilih, karena kemungkinan masih ada warga tidak terdaftar dalam daftar pemilih sementara.

Malik Mulyawan menuturkan, KPU Provinsi Kalteng telah menginstruksikan KPU di daerah termasuk KPU Kabupaten Barito Utara untuk bersama-sama menyempurnakan lagi jumlah pemilih pada pemilihan kepala daerah Kalteng.

"Kita sama-sama menyempurnakan lagi. Kalau kemarin, kita bisa memaklumi tahapan yang sudah kita lakukan terkait data pemilih ini yang sampai penyempurnaan-penyempurnaan di tingkat Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) hingga menjadi DPS yang sudah diplenokan KPU Barito Utara," kata Ketua KPU Barito Utara H Malik Muliawan pada uji petik di Muara Teweh, Selasa 13 Oktober 2020.

Dia melanjutkan, untuk jadwal penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) direncanakan pada 16 Oktober 2020, sehingga masih ada kesempatan dilakukan penyempurnaan. "Kami berharap daftar pemilih kita berkualitas. Jadi dalam uji petik ini, KPU membuka ruang seluas-luasnya kepada khususnya tim kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalteng nomor urut satu dan nomor urut dua,” kata dia.

Menurutnya, tidak hanya tim kampanye nomor urut 1 dan 2 saja, namun siapa saja dipersilahkan untuk mengecek nama atau NIK di komputer. Seandainya tidak, sambung dia, maka langsung daftarkan. 

" Jadi ini salah satu upaya yang dilakukan kita semua. Hal ini dilakukan, jujur saja dari data yang kami terima kelihatannya ada kecenderungannya jumlah pemilih menurun dibanding pemilu sebelumnya. Kita harapkan jumlah pemilih ini meningkat lagi," kata Malik.

Uji petik DPS tingkat KPU ini dihadiri Ketua Bawaslu Barito Utara H Alamsyah, perwakilan Lurah Lanjas, perwakilan Lurah Melayu dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Muara Teweh.

Selain itu juga dihadiri seluruh komisioner KPU Barito Utara lainnya H David Suisdarto, Fakhruzzaini, Effendi dan Siska Dewi Lestari termasuk tim kampanye dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalteng nomor urut 1 dan 2. (RAMADHANI/B-7)


 

Berita Terbaru