Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Katingan Jadi Narasumber Workshop Integrasi Gendes Dalam RPJMD

  • Oleh Abdul Gofur
  • 27 Oktober 2020 - 21:10 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Wakil Bupati Katingan, Sunardi Litang menjadi narasumber pada workshop integrasi gender dalam RPJMD secara daring yang digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Selasa,  27 Oktober 2020.

Dalam paparannya, Sunardi Litang menjelaskan, RPJMD Kabupaten Katingan merupakan penjabaran visi dan misi kepala daerah ke dalam perencanaan strategis selama lima tahun ke depan. 

Salah satu tujuan RPJMD ini yaitu menetapkan tujuan dan sasaran pembangunan jangka menengah sebagai penjabaran dari visi dan misi yang disertai dengan indikator kinerja dan target setiap tahun.

Adapun visinya yakni, Katingan Bermartabat Untuk Mewujudkan Masyarakat Yang  Sejahtera. Kemudian, salah satu misinya terkait PUG yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan derajat kesehatan serta keluarga berencana dan kesetaraan gender.

Dan salah satu isu strategis RPJMD Kabupaten Katingan selama 5 tahun ini salah satunya adalah meningkatkan peran serta perempuan dan pengarusutamaan gender dalam pembangunan.

"Salah satu program unggulan dari RPJMD ini yaitu dalam pelaksanaan Misi IV, yakni meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan derajat kesehatan, serta keluarga berencana dan kesetaraan gender," kata Sunardi Litang.  

Sementara program unggulan terkait dengan PUG yaitu penguatan kelembagaan pengarusutamaan gender dan anak. 

Artinya, kesetaraan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan dan hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, social budaya, pertahanan dan keamanan, dan kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru