Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nabire Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polsek Katingan Hilir Damaikan Warga Tumbang Liting karena Berseteru

  • Oleh Abdul Gofur
  • 28 Oktober 2020 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Aparat Polsek Katingan Hilir, Polres Katingan mendamaikan dua warga Tumbang Liting yang sebelumnya berseteru., Rabu, 28 Oktober 2020.

Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah melalui Kapolsek Katingan Hilir, Iptu Eko Priono mengatakan jika anak buahnya telah melaksanakan problem solving dengan mediasi antara pihak yang berseteru.

Perseteruan dua warga ini terjadi pada hari Minggu 25 Oktober 2020 sekitar pukul 14.00 WIB di pos piket jaga pencegahan Covid-19 sebelum memasuki Desa Tumbang Liting. 

Kesalahpahaman terjadi antara RB dan ST, yang kemudian membuat RB melakukan penganiyayaan terhadap ST. Menerima perlakuan yang kurang baik, ST akhirnya datang ke kantor Polsek Katingan Hilir untuk membuat laporan pengaduan.

Menanggapi hal tersebut, anggota piket pada saat itu memberikan saran agar permasalahan dapat diselesaikan secara kekeluargaan. Apalagi, RB merupakan teman akrab ST.

Selanjutnya, kedua belah pihak diminta datang ke Polsek Katingan Hilir untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara mediasi.

Kedua belah pihak bersama keluarga akhirnya kembali bersedia datang ke Polsek Katingan Hilir pada Selasa 27 Oktober 2020 pukul 22.00 WIB. 

Kanit Reskrim Polsek Katingan Hilir Aiptu Suprianto memberikan pemahaman bahwa permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara kekeluargaan dengan catatan RB mau bertanggung jawab untuk membiayai pengobatan ST hingga sembuh dan meminta maaf serta berjanji untuk berdamai dan tidak mengulangi kesalahannya lagi.

Pada pukul 01.00 WIB, Kedua belah pihak akhirnya bersepekat untuk berdamai, kemudian dituangkan dalam surat pernyataan bermaterai 6000 serta ditanda tangani kedua belah pihak dan saksi – saksi. 

Atas selesainya permasalahan tersebut, kedua belah pihak mengucapkan terima kasih kepada Polri atas mediasi yang dilakukan.

Kapolsek Katingan Hilir Iptu Eko Priono, mengatakan tujuan adanya problem solving adalah supaya permasalahan yang terjadi di masayarakat dapat diatasi dengan baik, sehingga tercipta situasi dan kondisi Kamtibmas yang tetap aman dan kondusif sebagaimana yang diinginkan bersama. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru