Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga di Barito Selatan Ikuti Edukasi Keamanan Pangan

  • Oleh Uriutu
  • 08 Desember 2020 - 22:21 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Ratusan pelaku usaha industri rumah tangga di Barito Selatan, mengikuti komunikasi, edukasi keamanan pangan yang diselenggarakan dinas kesehatan, Selasa 8 Desember 2020.

"Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan informasi terkait dengan keamanan pangan," kata Kabid Pelayanan Sumber Daya Kesehatan pada Dinkes Barsel, Susanti.

Ia berharap setelah kegiatan ini para pelaku usaha industri rumah tangga dapat mengurus izin edarnya. Karena dengan adanya izin edar keamanan pangannya terjamin untuk diedarkan demi keselamatan konsumen.

Sedangkan untuk narasumber dalam kegiatan ini ada 2 orang dari dinas kesehatan yakni dirinya bersama dengan Sulistrianta.

Menurutnya, dalam kegiatan yang dilaksanakan bidang pelayanan dan sumber daya kesehatan dan seksi kefarmasian, alkes dan PKRT ini tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Karena dari 200 peserta dibagi menjadi dua sesi. Pada hari pertama diikuti 100 peserta dan pada hari kedua diikuti 100 peserta dengan materi yang sama. Hal itu untuk menghindari terjadi banyaknya kerumunan," bebernya.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini yakni terkait keamanan pangan, dan memberikan informasi mengenai jenis pengawet, pewarna dan pemanis buatan yang berbahaya secara kimia, biologis dan fisika.

Di samping keamanan pangan, materi yang disampaikan juga mengenai alat yang digunakan, lingkungan, tempat dan orangnya hingga sampai cara penyimpanan, dan pengemasannya.

Para pelaku usaha dapat lebih mengetahui bahan pengawet, pewarna dan pemanis buatan yang membahayakan tersebut, sehingga mereka dapat mengolah pangan yang aman untuk dikonsumsi.

"Kita berharap pengetahuan yang telah didapatkan ini juga bisa diinformasikan para pelaku usaha yang mengikuti kegiatan ini kepada keluarga, teman dan orang di sekitar tempat tinggalnya," ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6/B-6)

Berita Terbaru