Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Budidaya Lebah Madu Kelulut di Katingan Dinilai Menjanjikan, Terlebih Saat Pandemi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 30 Desember 2020 - 22:20 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Kepala Unit Pelaksana Tugas Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi atau UPT LPHP wilayah XVII Katingan Hulu Kabupaten Katingan Kristianto menuturkan jika budidaya lebah madu kelulut saat pandemi Covid-19 ini dinilai menjanjikan untuk usaha sampingan.

Pasalnya,  harga jual madu lebah kelulut sejauh ini dinilai cukup bagus. Pasalnya,  selain meningkatkan imunitas tubuh,  madu dari lebah kelulut ini juga diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, di antaranya penyakit mag atau asam lambung. 

"Iya,  kami telah membudidayakan lebah madu kelulut ini sejak 2019 lalu,  dan sampai Desember 2020 ini sudah ada lebih dari 224 kotak koloni lebah madu kelulut ini, " sebut Kepala UPT KPHP wilayah XVII Katingan Hulu,  Kristianto,  Rabu,  30 Desember 2020.

Kristianto mengaku harga jual madu lebah kelulut saat ini dinilai cukup tinggi.  Dia menggambarkan,  untuk 250 mili liter madu dijual dengan harga Rp 100 ribu.

"Sebagai contoh untuk satu kotak koloni lebah kelulut ini dapat menghasilkan hingga setengah liter sekali panen, " ujar Kristianto. 

Sedangkan masa panen,  dalam satu kotak dapat dipanen sebanyak dua kali dalam sebulan. 

Karena prospek yang dinilai cukup bagus,  pihaknya kata Kristianto terus berusaha menambah jumlah kotak atau koloni lebah madu kelulut ini. 

"Untuk penambahan kami sekarang tidak lagi mengambil koloni dari alam,  tapi saat ini kami telah memulai penangkaran sendiri, " imbuh Kristianto.(ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru