Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Anggarkan Rp 60 Miliar Untuk Penanganan Bencana 2021

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Januari 2021 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemkab Kotim  menganggarkan Rp 60 miliar untuk penanganan bencana di daerah ini pada 2021.

"Anggaran sudah kami siapkan, sekitar Rp 60 miliar seingat saya. Guna mengantisipasi segala kemungkinan bencana yang terjadi nantinya," ujar Bupati Kotim Supian Hadi, Selasa, 05 Januari 2021. 

Dana cukup besar tersebut dianggarkan, karena cukup banyak potensi bencana yang terjadi di Kotim. Diantaranya yakni kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), banjir, angin kencang, dan beberapa bencana lainnya termasuk pandemi Covid-19.

Anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk antisipasi, dan bantuan sosial terhadap korban terdampak bencana. Sehingga, dapat meringankan beban mereka.

"Memang kalau bencana sulit diantisipasi. Sehingga, yang dapat dilakukan yakni memberikan bantuan sosial, dan juga langkah penyelamatan," kata Supian. 

Sementara, terkait karhutla, pihaknya bersama instansi terkait akan berupaya maksimal memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membakar lahan. Karena hal tersebut akan berbahaya dan berdampak terhadap sejumlah sektor, mulai dari kesehatan hingga perekonomian. Akibat kabut asap karhutla yang telah terjadi. 

"Intinya kami akan selalu berupaya mengantisipasi segala kemungkinan bencana yang terjadi," terang Supian. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru