Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Demfarm Tani Desa Talio Hulu Gunakan Sistem Corporate Farming

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 29 Januari 2021 - 19:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Republik Indonesia (BRGM-RI) menggunakan pendekatan corporate farming (korporasi petani) dalam pelaksanaan Demonstrasi Farming (Demfarm) di Desa Talio Hulu, Kabupaten Pulang Pisau.

Kepala BRGM-RI, Hartono Prawiraatmadja mengatakan konsep yang dilakukan adalah mendampingi implementasi kegiatan budidaya.

“Hal ini dilakukan sampai para petani siap melakukan implementasi secara mandiri,” ungkap Hartono melalui rilisnya, Jumat 29 Januari 2021.

Dia mengatakan pendampingan BRGM kepada para petani di Desa Talio Hulu bukan hanya dalam aspek pembiayaan, tapi juga dalam aspek teknis. 

BRGM melibatkan para ahli untuk melakukan pendekatan ilmiah dalam budidaya tanaman pangan di lahan gambut tersebut. 

“Ini dilakukan agar produktivitas tanaman pangan dapat terus dikembangkan dengan teknologi serta ilmu pengetahuan terkini,” tambahnya.

Langkah awal membuat lahan lebih produktif agar bisa menghasilkan padi yang lebih banyak karena yang membutuhkan juga semakin banyak. 

Demfarm juga diharapkan bisa memberikan lapangan dan kesempatan kerja bagi masyarakat sekalian yang terdampak Covid-19 melalui percobaan pengolahan lahan gambut dengan tanpa bakar. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru