Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Langsung Diparipurnakan, DPRD Usulkan Pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Kotim Terpilih ke Gubernur

  • Oleh Naco
  • 19 Februari 2021 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - DPRD Kotawaringin Timur langsung melakukan paripurna untuk segera mengusulkan pengangkatan bupati dan wakil bupati Kotim terpilih ke Gubernur Kalimantan Tengah.

DPRD Kotim menggelar rapat paripurna Kamis malam, 18 Februari 2021 malam. Paripurna itu dilakukan setelah rapat pleno terbuka penetapan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terpilih digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotim. 

Ketua DPRD Kotim, Rinie Anderson mengatakan, rapat paripurna ini berdasarkan berita acara rapat pleno KPU Kotim Nomor 08 Tentang penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotim Tahun 2020.

"Maka dengan ini DPRD Kotim mengusulkan peresmian pengangakatan Bupati dan Wakil Bupati Kotim terpilih masa jabatan 2021-2024 yakni Halikinnor dan Irawati kepada Menteri dalam Negeri melalui Gubernur Kalteng," katanya.

Menurutnya, paripurna malam ini disampaikan dan diusulkan untuk ditindaklanjuti seterusnya. 

"Kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada Plh Bupati Kotim dan yang telah hadir malam ini," katanya.

Menurut Rinie, melihat dari edaran Kemendagri pelantikan ini dilakukan secara virtual, diperkirakan  minggu ke empat Februari ini sudah dilakukan pelantikan. 

Dalam aturan yang berlaku bupati dilantik di ibukota provinsi. Namun, karena masa pandemi maka  hal itu tidak dilakukan, nantinya saat virtual gubernur atas nama pemerintah pusat akan melantik tetap di ibukota provinsi sementara bupati dan wakilnya  di wilayah masing-masing.

Sementara itu, Plh Bupati Kotim Akhmad Husain mengatakan, dengan adanya paripurna malam ini sebagai salah satu syarat pengajuan usulan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih sudah bisa dipenuhi.

"Akan segera kita usulkan ke pemerintah provinsi untuk segera ditindakklanjuti di usulkan ke Kementrian Dalam Negeri," ungkapnya.

Berita Terbaru