Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Desa Saka Lagun Panen Perdana Padi Hibrida di Area Lahan Food Estate

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 25 Februari 2021 - 12:45 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Petani dan warga yang ada Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas melakukan panen perdana padi hibrida di lahan yang masuk kawasan program pengembangan ketahanan pangan nasional food estate.

Kepala Desa Saka Lagun, Julkipli mengatakan, panen kali ini di atas lahan dengan luasan 1,5 hektar milik petani atas nama Syahrian di lokasi sawah yang terletak di Handil Rigei Jalan Malang 2 Desa Saka Lagun, untuk musim tanam Okmar (Oktober - Maret) 2020 - 2021.

"Kita bersyukur panen perdana ini sudah dilakukan kemarin, mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi kami khususnya petani dan warga Desa Saka Lagun," kata Julkipli, Kamis, 25 Februari 2021.

Ia menyampaikan terima kasih atas support, dukungan dan pembinaan dari pemerintah dan pihak terkait lainnya dalam pengembangan pertanian di wilayahnya.

Mengingat, lanjut dia Desa Saka Lagun merupakan salah satu lokasi yang masuk kawasan program nasional food estate, yang rencananya diproyeksikan untuk 3 tahun ke depan.


"Jadi, diharapkan petani bisa memanfaatkan dan memaksimalkan olah pertanian sekaligus demi menyukseskan program food estate 2021 ini," ucapnya.

Sementara itu, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Muhammad Imron mengungkapkan rasa syukur, karena wilayah binaannya sukses penen perdana. Terlebih, ini baru pertama kali panen dalam kurun waktu hanya 3 bulan.

"Panen ini varietas Hibrida F1 Suppadi 89, dengan usia panen 112 hari. Biasanya, untuk wilayah tersebut hanya panen 1 kali dalam setahun," ucap Imron.

Dalam panen perdana sekaligus syukuran tersebut, hadir Danramil 1011-95 Kapten Inf Handoyo, Koordinator penyuluh H Widadi, PPL Muhammad Imron, pengamat Hama H Rivani Hifni dan peserta para perwakilan ketua Poktan di Saka Lagun serta pihak swasta. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru