Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sungai Mentawa Tersumbat Sebabkan Banjir di Sejumlah Titik, Kantor Disdukcapil Kotim Juga Terdampak

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 29 April 2024 - 07:53 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sungai Mentawa tepatnya di Jalan HM Arsyad, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit tersumbat hingga menyebabkan banjir di sejumlah titik. Bahkan, Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kotim juga terdampak.

"Karena hujan cukup lama terjadi dan air dari atas membawa sampah di kanan kiri sungai, membuat tersumbatnya gorong-gorong yang ada di Jalan HM Arsyad," kata pekerja drainase Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (SDABMBKPRKP) Talmas, Senin, 29 April 2024.

Dirinya bersama sejumlah tim berupaya mengangkut sumbatan sampah rumput dan tanah di gorong-gorong tersebut. Diperkirakan sumbatan selebar 10 meter dengan ketebalan 2 meter.

Akibat sumbatan itu, sejumlah drainase yang terhubung dengan sungai Mentawa meluap. Nampak di sepanjang Jalan HM Arsyad drainase meluap bahkan sempat menggenani halaman kantor Disdukcapil Kotim.

Selain itu juga berdampak banjir dan genangan di Jalan A Yani, Jalan S parman, jalan anggur, Jalan Suprapto selatan, Jalan Kopi Selatan, Pinang 4, dan Jalan Pelita.

"Pembersihan kami laksanakan manual karena alat berat masih digunakan di tempat lain," ujarnya. 

Pengangkatan sumbatan shngai tersebut diperkirakan memakan waktu 2-3 jam.

Lebih lanjut, saat ini pihaknya terbagi menjadi beberapa kelompok untuk membersihkan drainase terutama di Jalan Tjilik Riwut, Kali Baru, dan Jalan HM Arsyad. (DEWI PATMALASARI/H)

Berita Terbaru