Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kalteng Berkunjung ke Museum Milik Pemprov Riau

  • Oleh Rokim
  • 26 Februari 2021 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Faridawaty Darland Atjeh bersama beberapa anggota dewan melanjutkan kunjungan kerja ke museum daerah milik Pemprov Riau di Pekanbaru.

Wakil rakyat dari Bumi Tambun Bungai ini mempelajari cara penyimpanan, perawatan, pemeliharaan dan pemgumpulan benda yang masuk kategori benda koleksi museum.

Di museum ini memiliki sekitar 4.000 koleksi. Barang koleksi budaya Melayu ini diperoleh dari hibah dan beberapa lainnya dijemput atau hasil ganti rugi atau penggantian biaya pemeliharaan.

Menurut Faridawaty, dari ribuan koleksi bendara sejarah ini sebagiannya ada yang berasal dari peninggalan abad ke 4, abad ke 7, dan 8 Masehi.

Agenda kunker selama 3 hari ini Riau ini dilakukan pimpinan dan anggota DPRD Kalteng dalam rangka belajar Raperda Cagar Budaya yang saat ini Pemprov Kalteng sedang mengusulkan Raperda Perlindungan Cagar Budaya.

Farida mengatakan melalui kaji banding inilah banyak informasi yang didapat oleh anggota dewan mengenai teknis menyusun Raperda Perlindungan Cagar Budaya sebelum nantinya diimplementasikan dalam sebuah produk daerah.

Politisi NasDem ini berharap draf Raperda dimaksud bisa segera diselesaikan agar nantinya bisa memberikan dampak positif terhadap keberlangsungan adat dan budaya Dayak di Bumi Tambun Bungai. (ROKIM/B-6)

Berita Terbaru