Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Terus Padamkan Karhutla di Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 01 Maret 2021 - 20:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sejak 4 hari in, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus terjadi di Km 12 hingga 15 Jalan Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama (Kolam), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar Tengku Alisjahbana, Senin, 1 Maret 2021 menjelaskan lahan yang terbakar berjenis gambut, maka api hingga saat ini masih terus menyala.

"Ada beberapa titik yang terbakar di Km 12 hingga 15. Sulitnya akses menuju titik yang terbakar dan ketersediaan sumber air, membuat api hingga kini masih menyala dalam gambut. Luasan lahan yang terbakar, saat ini masih dalam proses ploting dan pengukuran pihak Kepolisian yang juga berada di TKP," jelasnya.

Saat ini Pemkab Kobar sudah menetapkan status siaga bencana karhutla terkait hal ini. "Selain upaya mengajukan permohonan untuk mendatangkan heli waterbombing, kita juga sudah mengajukan rekayasa cuaca kepada pihak yang berhubungan dengan hal tersebut yaitu BPPT dan LAPAN," jelasnya.

Berdasarkan pantauan dilokasi, helikopter milik Polda Kalteng juga telah berada di lokasi untuk melakukan pemantauan dan pengukuran lahan yang terbakar melalui udara. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru