Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TKA Kalteng Banyak di Sektor Perkebunan dan Pertambangan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 14 April 2021 - 17:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Data dari Kementerian Ketenagakerjaan RI, hingga April 2021, menunjukan wilayah Kalteng memiliki cukup banyak tenaga kerja asing (TKA). Tercatat ada 548 TKA yang mencari nafkah di Bumi Tambun Bungai Kalteng.

“Total ada 548 TKA yang mencari nafkah di Bumi Tambun Bungai, baik disektor perkebunan, pertambangan, maupun perkayuan,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalimantan Tengah (Kalteng), Syahril Tarigan.

Syahril mengatakan TKA yang terdata tersebut telah terdaftar dan memiliki izin bekerja yang sah. Namun ia menegaskan data tersebut bukan hasil dari sistem pihaknya, sehingga kewenangan pemberikan perizinan TKA sepenuhnya dari kementerian. 

“Tetapi, kami tetap mendapatkan informasi atas hal itu. Kami pun tetap akan melakukan pengawasan meskipun para TKA ini mengantongi izin,” jelasnya.

Syahril menilai Kalteng merupakan salah satu wilayah dengan sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Sehingga tak heran banyak perusahaan-perusahaan besar yang beroperasi di Kalteng. 

“Banyaknya perusahaan itu tentu juga menyerap tenaga kerja, baik domestik, maupun asing,” jelasnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Area lampiran

Berita Terbaru