Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Empat Lokasi di Kapuas Disurvei Sebagai Calon Lokasi Percontohan Suaka Perikanan Buatan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 15 April 2021 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Empat titik lokasi di wilayah Kabupaten Kapuas disurvei sebagai calon lokasi percontohan atau pilot project suaka perikanan buatan yang menjadi tempat berlindung ikan serta menjadi cadangan produksi ikan.

Sekretaris Dinas Perikanan Kapuas, John Pita Kadang mengatakan, pilot project suaka perikanan buatan itu dalam istilah khusus disebut SPEECTRA (Special Area for Fish Conservation and Fish Refugia).

Kegiatan tersebut dilakukan oleh tim yang terdiri atas Food and Agriculture Organization (FAO) Indonesia, Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluh Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Wilayah Kalimantan Tengah.

Empat lokasi yang disurvey itu yakni di Desa Pangkalan Rekan Kecamatan Basarang, Kelurahan Pulau Kupang, Kecamatan Bataguh dan Desa Tambak Bajai Kecamatan Dadahup.

Kemudian ada tambahan lokasi survei susulan, dan dilakukan survei pada eks Balai Benih Ikan (BBI) di Muara Dadahup, Kecamatan Dadahup.

"Kegiatan awalnya dilaksanakan selama 4 hari yaitu 5 sampai 8 April 2021. Kemudian pada Rabu, 14 April 2021 dilakukan survei susulan di lokasi eks BBI di Muara Dadahup Kecamatan Dadahup," kata John Pita Kadang kepada wartawan, Kamis, 15 April 2021.

Dalam survey itu, lanjut dia melibatkan Pemkab Kapuas, dalam hal ini dari Dinas Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan, Bappeda, dan Setda Kabupaten Kapuas. Juga dari Pemerintah Kelurahan Pulau Kupang, Pemerintah Desa, Pangkalan Rekan serta dari Pemerintah Desa Tambak Bajai.

Dia menjelaskan, bahwa SPEECTRA versi baru rencananya akan diimplementasikan di kawasan lahan gambut di kalimantan.

"Adapun tujuannya adalah untuk melestarikan spesies ikan lokal dan mendukung masyarakat setempat," jelasnya.

Dari kegitaan tersebut, selanjutnya akan disusun laporan rekomendasi lokasi percontohan SPEECTRA di Kabupaten Kapuas berdasarkan hasil kajian lapangan.

"Kegitan survei ini juga sebagai kelanjutan dari pertemuan trilateral pertama, yang mana diusulkan dilakukan kegiatan asesmen lapangan untuk menentukan lokasi yang paling cocok untuk pelaksanaan SPEECTRA," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru