Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Volume Sampah di Kobar Alami Kenaikan 3 - 5 Ton per Hari

  • Oleh Wahyu Krida
  • 23 April 2021 - 17:55 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Peningkatan aktivitas konsumsi dan belanja masyarakat selama Ramadan, membuat volume sampah semakin banyak di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kobar Robiannur, Jumat, 23 April 2021 mengatakan meningkatnya volume sampah tersebut berkisar antara 5 - 10 persen bila dibandingkan hari biasa.

“Bila hari biasa petugas sampah mengangkut sekitar 48 - 50 ton per hari, tetapi selama Ramadan bisa mencapai 55 ton. Ada penambahan sekitar 3 - 5 ton per hari pada wilayah penanganan Pangkalan Bun - Kumai," katanya.

Dia menjelaskan kenaikan volume sampah tersebut didominasi jenis sampah organik.

"Agar tidak terjadi penumpukan sampah, tentunya kami melakukan penambahan armada angkutan sampah. Penambahan tersebut dilakukan untuk jam pengangkutan siang dan sore, untuk menyisir sisa sampah yang masih ada, serta sampah  yang batu dibuang di TPS," katanya.

Robiannur mengatakan agar mengurangi volume sampah, harapannya masyarakat saat ini mulai mengurangi penggunaan kemasan sekali pakai.

"Selain itu, masyarakat agar mulai membiasakan diri untuk memilah sampah di lingkungan masing-masing," pungkas dia. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru