Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas PUPR Barito Timur Perbaiki Box Culvert Rusak di Desa Telang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 Mei 2021 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman atau Dinas PUPR Perkim Kabupaten Barito Timur mulai memperbaiki box culvert yang rusak di Desa Telang, Kecamatan Paju Epat.

"Dari kemarin dikerjakan. Dan hari ini kami mengangkut material ke sana," kata Kabid Bina Marga Dinas PUPR Perkim, Dodianto saat dihubungi, Senin, 17 Mei 2021.

Sebelumnya, kondisi box culvert yang terletak di RT 01 itu menyebabkan jalan tersebut hanya bisa dilewati sepeda motor. Sedangkan kendaraan roda empat yang datang ke Desa Tampu Langit atau sebaliknya, harus berputar lewat Desa Siong.

Kepala Desa Telang, Murto mengungkapkan, box culvert tersebut mulai retak sejak lama, kemudian kerusakannya semakin parah karena jalan tersebut sering dilewati truk bermuatan berat.

"Karena banyak lalu lalang kendaraan yang berat lewat, jadi semakin parah," jelas Murto saat ditemui di kediamannya beberapa hari lalu.

Menurutnya angkutan berat yang sering melewati jalan tersebut yakni truk yang mengangkut tandan kosong sawit, buah sawit serta pupuk. Namun Murto enggan menuduh pihak tertentu sebagai penyebab kerusakan box culvert itu.

Selain box culvert tersebut, ada satu lagi jembatan jembatan kayu yang mulai mengalami longsor pada sayap jembatan.

"Kalau jembatan ini yang rusak maka akibatnya fatal karena tidak ada alternatif lain untuk akses Desa Tampu  Langit ke Desa Telang atau sebaliknya, padahal jembatan ini juga yang dilalui oleh masyarakat yang bekerja di perkebunan sawit," tambah Murto. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru