Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gernas BBI, Menperin Ajak Masyarakat Beli Produk Dalam Negeri

  • Oleh ANTARA
  • 21 Mei 2021 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengajak masyarakat membeli produk dalam negeri guna membantu Industri Kecil dan Menengah (IKM) naik kelas.

Hal itu dikemukakannya sebelum menyampaikan sambutan pada acara puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dengan tema Festival Joglosemar: Artisan of Java, di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (20/5), yang dihadiri Presiden Joko Widodo san sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

“Menyambut pagi di Borobudur, sembari berkumpul menikmati secangkir kopi. Untuk Indonesia yang makmur, ayo beli produk dalam negeri,” kata Menperin berpantun seperti yang tertuang dalam keterangan tertulis, Jumat.

Menperin mengatakan sesuai arahan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan selaku Koordinator Gernas BBI dan Ketua Timnas Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), masyarakat Indonesia bisa mendukung produk industri nasional dengan menggunakan dan membelinya.

“Karena akan menumbuhkan sektor industrinya, sehingga dapat menopang perekonomian,” ujar Menperin.

Menperin menegaskan saat ini pelaku IKM telah mampu menghasilkan berbagi produk yang dibutuhkan oleh pasar domestik dan ekspor, dengan kualitas yang kompetitif.

“Artinya, apapun itu kebutuhannya, semua produknya sudah bisa diciptakan oleh anak bangsa kita sendiri,” katanya.

Oleh karena itu, Kemenperin memberikan apresiasi kepada pelaku IKM yang berperan penting sebagai pilar utama dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

“Seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden, bahwa usaha sektor IKM tersebar di seluruh pelosok tanah air, dengan jenis usaha dan produknya yang sangat beragam, melibatkan banyak warga sekitar, menciptakan lapangan kerja baru, dan mampu menyerap banyak tenaga kerja,” ujar Menperin Agus.

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Menperin mengemukakan, Gernas BBI melalui Festival Joglosemar menjadi momentum untuk membangkitkan gairah usaha para pelaku IKM di seluruh wilayah Indonesia.

Berita Terbaru