Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Dorong Antisipasi Sejak Dini Ancaman Karhutla

  • Oleh Naco
  • 25 Mei 2021 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Fraksi PKB, DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), M Abadi mendorong pemerintah kabupaten dan penegak hukum mengantisipasi sejak dini ancaman bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sering terjadi di musim kemarau.

Ia juga menegaskan jika perusahaan besar swasta (PBS) yang memiliki lahan tidak dikelola dengan baik, maka lebih baik lahan tersebut diambil alih dan izinnya dicabut. 

“Khusus areal yang katanya ada izin perkebunan tapi tidak dikelola dan dijaga, maka lebih baik pemerintah kabupaten mengevaluasi untuk mencabut izinnya," katanya, Selasa, 25 Mei 2021

Ia mengapresiasi penanganan karhutla yang dilakukan pemerintah kabupaten dari tahun ke tahun semakin baik. Namun, dirinya berharap upaya yang dilakukan tidak hanya pada penanganan ketika terjadi kebakaran lahan, tetapi memaksimalkan upaya pencegahan agar tidak sampai terjadi.

Abadi juga mengaku sependapat dengan Kapolres Kotim bahwa semua pihak harus optimistis bahwa karhutla ini bisa dicegah dan diminimalisir. 

"Kita jangan pasrah seakan karhutla pasti selalu terjadi saat kemarau," tukas Abadi.

Menurut Abadi, karhutla memang selalu mengancam saat kemarau. Hal itu tidak terlepas dari kondisi yang sebagian terdiri dari lahan gambut sehingga sangat mudah terbakar jika dalam kondisi kering. Selain itu juga banyak lahan tidur tidak dimanfaatkan.

“Bagi pemilik lahan tidur hendaknya segara disurati untuk menjaga lahan mereka tersebut. Karena lahan tidur ini biasanya yang rawan jadi tempat karhutla,” tandas Abadi. (NACO/B-7)

Berita Terbaru