Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolda Kalteng Saksikan Simulasi Pemadaman Karhutla di Lahan Gambut

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 30 Mei 2021 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Dedi Prasetyo bersama Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri menyaksikan simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang digelar di lahan gambut samping Kantor Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Minggu. 

Simulasi pemadaman dilaksanakan oleh tim Satgas Karhutla Kotim, bersama BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, TNI/Polri, Masyarakat Peduli Api (MPA), dan pihak lainnya. 

Mereka mengaplikasikan tindakan saat terjadinya kemunculan titik api yang membakar lahan di wilayah Kotim. Kesigapan personel, dan kelengkapan peralatan jadi hal yang menonjol dipertontonkan mereka. 

"Simulasi yang dilakukan di lahan gambut ini sebagai upaya latihan, agar saat terjadi Karhutla, bisa tertangani dengan baik," kata Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Minggu, 30 Mei 2021. 

Dirinyapun melihat peralatan dan sarana prasarana tim di lapangan sudah cukup lengkap. Sehingga, tinggal bagaimana agar latihan tersebut dilakukan secara terus menerus. Agar koordinasi antar tim bisa terus terjalin dengan baik. 

"Saya harap latihan ini jangan hanya 1 kali saja dilakukan, namun harus sering dilaksanakan. Sehingga tidak ada mis dan penanggulangan Karhutla bisa terlaksana dengan baik," kata Dedi. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru