Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotawaringin Barat Bakak Jadi Kabupaten Pertama di Kalteng Terapkan Siskeudes Online

  • Oleh Wahyu Krida
  • 31 Mei 2021 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kabupaten Kotawaringi Barat (Kobar) bakal jadi kabupaten pertama di provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang mengelola sistem keuangan desa secara online. Terkait itu, perangkat dari seluruh desa di Kobar ikuti bimbingan teknis (bimtek) sekaligus launching aplikasi Siskeudes online.

Wabup Kobar, Ahmadi Riansyah, Senin, 31 Mei 2021 mengatakan penerapan siskeudes ini menjadi pilot project bagi Pemprov Kalteng dalam hal pengelolaan keuangan desa berbasis aplikasi online.

"Aplikasi siskeudes ini bertujuan membantu meringankan beban tugas pengelolaan administrasi keuangan desa untuk penyelesaian pekerjaan dalam perencanaan, pelaksanaan, penatausahan laporan dan pertanggungjawaban secara tepat dan informasi terkait pengunaan anggaran yang salah satunya pengunaan ADD dan Dana Desa," kata dia.

Sehingga, menurut Ahmadi Riansyah, hal tersebut bisa diawasi masyarakat agar benar benar digunakan untuk meningkatkan pelayanan publik di desa.

"Karena penyelenggaraan pemerintah desa tidak terpisahkan dari penyelenggaraan otomomi daerah. Karena pemeritah desa menjadi unit terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta posisinya menjadi setrategis untuk keberhasilan semua program," jelas Wabup Kobar.

Menurutnya, upaya memperkuat desa merupakan lengkah mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

"Hal ini sesuai dalam undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Dan di situ, desa diberikan kewenangan yang besar untuk mengurus tata pemerintahannya sendiri, termasuk pengelolaan keuangannya ,serta melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa," jelas Wabup Kobar. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru