Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Vaksinator Rabies Terus Bergerilya Memberikan Vaksin pada Hewan Peliharaan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Juni 2021 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hingga bulan Juni 2021 atau pertengahan tahun ini, vaksinator rabies Kota Palangka Raya tak henti-hentinya terus melaksanakan tugas pemberian vaksin rabies kepada hewan peliharaan yang dapat menularkan virus rabies yaitu anjing, kucing, dan kera.

Meski mengalami keterbatasan beberapa waktu belakangan lantaran pengadaan kalung penanda hewan pasca vaksin belum juga datang, kini setelah kalung penanda telah tersedia Vaksinator bergerilya lebih semangat lagi.

"Kita kan jadi Vaksinator bukan baru, setiap tahun kemungkinan ketemu masyarakat yang sama itu mungkin terjadi karena memang pemberian vaksin ini setahun sekali. Nah memang setelah divaksin, hewannya selalu mendapat kalung penanda sedangkan tahun ini sampai pertengahan tahun belum ada juga kalungnya. Makanya kita agak menunda pemberian vaksin karena yang biasanya dapat kalung pasti akan menanyakan lagi mana kalungnya," kata salah seorang Vaksinator Rabies, Agung kepada Borneonews pada Sabtu, 5 Juni 2021.

Kini setelah kalung penanda sudah datang, dirinya siap bergerak cepat untuk mengejar ketertinggalan selama beberapa waktu ini.

"Karena sudah banyak yang daftar dan bertanya kapan hewan peliharaannya bisa divaksin, tapi kami masih menunggu kalung penanda kan. Nah sekarang sudah ada, jadi tidak ada alasan untuk kita menunda pemberian vaksin rabies," tambahnya.

Menurut Agung, selain pemberian suntikan vaksin dan stiker yang ditempelkan di rumah pemilik hewan peliharaan, ketersediaan kalung penanda juga sama pentingnya.

"Di Palangka Raya ini masyarakat masih banyak yang membiarkan hewan peliharaannya berkeliaran di jalan, bukannya dikandang atau diikat. Nah kalau ada kalung penanda ini, orang lain yang melihat hewan peliharaan berkeliaran akan tahu perbedaannya mana hewan misalnya anjing yang dipelihara atau anjing liar, mana anjing yang sudah mendapatkan vaksin dan mana yang belum. Jadi ketersediaan kalung penanda ini sangat penting," tuturnya lagi. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru