Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Sekolah Penggerak Berikan Lima Intervensi Pendidikan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 05 Juni 2021 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Koordinator Pokja Publikasi Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Isniyati Sulistiani menyampaikan dalam program sekolah penggerak ada ada lima intervensi yang dilakukan.

Pertama diawali dengan penguatan sumber daya manusia (SDM) sekolah. Pelatih-pelatih ahli akan melakukan suport dan pendampingan guru, kepala sekolah, dan pengawas yang masuk dalam sekolah penggerak.

“Kemudian pembelajaran paradigma baru. Di sini memang sudah didesain bagaimana pembelajaran akan berpusat kepada siswa,” tutur Isniyati usai pembukaan coaching clinic, Sabtu 5 Juni 2021.

Jadi, lanjut dia, jika selama ini peningkatan kompetensi seperti guru yang diklat ada pretest dan postest, dan dilihat hasil postes nya. Kedepan berbeda yang dilihat adalah perubahan peningkatan prestasi siswa.

Ketiga adalah perencanaan berbasis data. Mulai dari data kepala sekolah, data sekolah, data siswa, kemudian perkembangan siswa, bahkan data para pelatih ahli akan masuk pada sistem Kemenristekdikti.

Setelah itu ada digitalisasi sekolah, karena untuk saat ini dinilai teknologi informatika menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan. Sehingga program sekolah penggerak akan memasukan digitalisasi sekolah sebagai bagian dari tujuan yang akan dicapai.

“Kelima ada pendampingan konsultatif dan simetris. Di sini keberadaan Kemendikbud dan pemerintah daerah dalam melakukan pendampingan kepada sekolah sekolah,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru