Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengangkatan Tenaga Kontrak Secara Selektif Jadi Solusi Pemkab Kotim Atasi Kekurangan Guru

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 09 Juni 2021 - 16:21 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kekurangan guru di sekolah-sekolah, terutama yang berada di wilayah pedalaman masih terjadi. Keadaan tersebut menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). 

Sehingga untuk mengatasi masalah ini pihaknya akan mengangkat tenaga kontrak secara selektif guna memenuhi kebutuhan tenaga pengajar tersebut.

"Pengangkatan tenaga kontrak belum bisa dihindari, karena ini merupakan kebutuhan," kata Bupati Kotim, Halikinnor, Rabu 09 Juli 2021. 

Dalam pengangkatan tenaga kontrak ini nantinya pihaknya akan membentuk panitia seleksi, sehingga benar-benar mengangkat sesuai kebutuhan, dan penempatan guna menghindari adanya titipan ataupun hal lainnya. 

"Ini demi dunia pendidikan di Kotim. Sehingga, tidak ada lagi kekurangan guru nantinya," harapnya. Selain mengangkat tenaga kontrak, pihaknya juga akan melakukan evaluasi terhadap sejumlah sekolah. Bagi yang kelebihan tenaga pengajar, maka akan ada mutasi nantinya guna mengisi kekosongan guru tersebut. 

Dia mengatakan saat ini guru di Kotim jumlahnya mencapai 5.000 orang, namun belum bisa mencukupi kebutuhan guru, terutama di wilayah pedalaman, karena masih banyak ditemukan 1 guru yang mengajar beberapa mata pelajaran. 

"Bahkan ada di salah satu desa, dia menjabat kepala sekolah, sekaligus guru, dan penjaga sekolah, karena di sekolah itu hanya diisi oleh dirinya sendiri," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru