Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Diharapkan Gencarkan Program Penebaran Benih Ikan

  • Oleh Donny Damara
  • 10 Juni 2021 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Mengingat tingginya aktivitas penangkapan ikan untuk konsumsi oleh masyarakat selama ini tidak menutup kemingkinan jumlah populasi ikan disungai maupun danau menjadi berkurang.

Oleh sebab itu Anggota DPRD Kalten, Ina Prayawati mengaharapkan Pemprov melalui Dislutkan Kalteng bekerja sama dengan pihak terkait di daerah menggencarka program penebaran benih ikan.

"Benih ikan yang ditebar bisa bermacam-macam, seperti jenis ikan patin ataupun nila," ucapnya, Kamis, 10 Juni 2021.

Ina mencontohkan seperti yang dilakukan Kabupaten Barsel. Pemkab di sana melakukan penebaran benih ikan di puluhan sungai maupun danau yang tersebar diwilayah ini untuk mengembangbiakan populasi ikan kembali.

Namun di sisi lain setelah melakukan penebaran benih ikan. Pihak terkait agar bisa mengimbau kepada masyarakat dengan menyampaikan surat edaran supaya tidak melakukan aktivitas penangkapan ikan terlebih dulu.

"Sampai benih-benih ikan yang ditebar tersebut bisa berkembang dalam jumlah yang banyak dan siap untuk ditangkap atau dikonsumsi," tuturnya.

Upaya lain yang bisa dilakukan yakni dengan meberikan bantuan benih ikan kepada masyarakat. Dengan demikian masyarakat bisa membudiyakan ikan dengan metode keramba apung.

ia optimistis jika program tebar benih ikan maupun bantuan kepada masyarakat bisa benar-benar dijalankan maka akan mampu mendorong ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat khususnya Kalteng. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru