Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Persiapkan Penerimaan Perawat dan Bidan Untuk Bertugas di KIC, Jika Lonjakan Covid-19 Terjadi

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 Juli 2021 - 17:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) telah mempersiapkan Klinik Covid-19 Islamic Center (KIC), untuk antisipasi lonjakan pasien Covid-19 yang dirawat di daerah ini. 

Namun, keterbatasan tenaga kesehatan menjadi kendala jika mengharuskan KIC tersebut menerima pasien aktif. Sehingga, jika memang ruang perawatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) penuh, maka KIC akan difungsikan. 

"Kalau memang KIC menerima pasien aktif, maka bisa dibuka penerimaan perawat dan bidan. Guna menjadi tenaga kesehatan di KIC tersebut," ujar Bupati Kotim Halikinnor, Jumat, 02 Juli 2021. 

Hal tersebut dilakukan, karena saat ini tenaga kesehatan terbatas. Mereka ditugaskan untuk melakukan vaksinasi, dan juga pemantauan pasien aktif yang melaksanakan isolasi mandiri. 

Sehingga, jika memang nantinya mengharuskan KIC menerima pasien positif Covid-19, maka nakes di puskemas dan 2 rumah sakit sebagian akan di tarik untuk bertugas di KIC. 

"Kalau seperti itu, kita kekurangan nakes di Puskesmas. Sehingga, saya minta persiapkan untuk menerima perawat dan bidan. Namun itu akan dilaksanakan, jika memang lonjakan kasus aktif rawat, sudah tidak mencukupi di RSUD dr Murjani Sampit," terang Halikinnor. 

Sementara, saat ini KIC sudah diaktifkan, namun belum menerima pasien positif Covid-19 rawat. Karena ketersediaan bet di RSUD dr Murjani Sampit masih cukup. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru