Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sorong Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penumpang Datang di Bandara Iskandar Pangkalan Bun Semakin Tertib

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 24 Juli 2021 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Di masa masih diberlakukannya aturan baru bagi pelaku perjalanan baik keluar maupun masuk Kabupaten Kotawaringin Barat ditengah pandemi Covid-19, penumpang pesawat di Bandara Iskandar Pangkalan Bun semakin tertib, termasuk penumpang datang.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun Zuber mengatakan, meskipun jumlah penumpang yang keluar maupun yang masuk memang tidak banyak seperti dulu, namun semua penumpang yang keluar maupun yang datang ini sangat tertib.

"Penumpang yang pergi maupun tiba ini sangat tertib. Semua penumoang telah mengikuti segala ketentuan yang berlaku baik itu menunjukan bukti vaksinasi hingga RT PCR negatif," kata Zuber.

Disebutkannya, bahwa kondisi saat ini penumpang pesawat memang masih turun. Termasuk pesawat yang sepi penumpang juga melakukan mengalihkan jadwal peberbangan.

"Meski demikian, aktivitas di Bandara Iskandar Pangkalan Bun sendiri masih beroperasi. Jadwal juga tidak menentu, terkadang bisa normal dan ada hari yang cuma ada tiga penerbangan," tuturnya.

Zuber menyebutkan, kondisi seperti ini sudah terjadi sejak ada Surat Edaran Menteri dan Gubernur Kalteng bagi pelaku perjalanan udara harus mengikuti ketentuan yang berlaku. Seperti sudah harus vaksin dan harus menunjukan bukti PCR negatif.

Hal ini memang dilakukan pemerintah dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia. Termasuk sejumlah wilayah sudah menerapkan PPKM darurat karena tingkat kasus positif dan kematin sangat tinggi.

"Untuk Bandara Iskandar ini dijaga ketat oleh tim gabungan. Mengingat di Bandara Iskandar ada posko yang dijaga oleh TNI, Polri dan sejumlah instansi. Tujuanya agar seluruh pihak yang keluar dan masuk jni sudah menjalankan prosedur yang berlaku," bebernya.

Termasuk komitmen bersama, jika ada penumpang yang datang positif atau menggunakan antigen ini bakal dipulangkan ke bandara asal. Maka gunanya ada posko ini untuk mengawasi hal tersebut.

"Namun sampai sejauh ini, masih aman. Tidak ada pelaku perjalanan yang di kembalikan ke bandara asal. Karena oengawasan sekarang jauh lebih ketat," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru