Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Selayar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bekantan Nekat Menyeberang Sungai Mentaya, BKSDA: Ada yang Aneh dan Mengerikan di Hutan Seberang

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 05 Agustus 2021 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mengungkap, sudah 5 kasus bekantan diduga nekat menyeberang Sungai Mentaya dalam 4 tahun terakhir. Hal ini masih menjadi misteri tersendiri.

"Kami juga tidak tahu penyebabnya sampai dengan saat ini masih jadi misteri," kata Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Kamis, 5 Agustus 2021.

Diungkapkan Muriansyah, tampak ada sesuatu yang mengerikan bagi bekantan di hutan Mentaya Seberang. Namun Muriansyah juga belum mengetahui pasti bekantan nekat menyeberang Sungai Mentaya hingga akhirnya hanyut. 

"Setiap kali ditemukan bekantan sepertinya selalu ingin menyeberang sungai meninggalkan habitat aslinya," ujarnya. 

Hal tersebut masih menjadi tanya besar bagi pihak BKSDA. Namun yang jelas, pihaknya terus memantau keberadaan satwa liar dilindungi tersebut. 

Keberadaan bekantan di Kotawaringin Timur, diyakini semakin berkurang. Binatang yang biasa hidup berkoloni atau berkelompok ini populasinya lian berkurang. 

"Bekantan biasanya hidup berkelompok. Bisa 20 sampai 30 individu per kelompok. Namun yang biasa kami temukan di Kotim sepertinya sudah berkurang, sekarang kurang dari 10 individu per kelompok," katanya. 

BKSDA berharap keberadaan satwa endemik Kalimantan ini tetap lestari. Masyarakat juga diimbau tak menangkap apalagi memelihara primata berhidung panjang itu. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru