Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ekspor Tanaman Hias Kalteng Dinilai Menjanjikan

  • Oleh Nopri
  • 15 Agustus 2021 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H Edy Pratowo menyampaikan bahwa sejumlah wilayah di provinsi setempat memiliki potensi ekspor yang sangat menjanjikan, salah satunya pada jenis tanaman hias.

Seperti tanaman hias Janda Bolong dan Tanduk Rusa. Tanaman yang banyak tumbuh di wilayah Kalteng ini dinilai miliki nilai jual yang cukup tinggi. Hal ini tentunya menjadi potensi, jika dilakukan pengembangan lebih lanjut.

"Tanaman tersebut banyak sebenarnya dan tersebar di Kalteng. Mungkin kalau dijual di sini hanya Rp 50 ribu saja, akan tetapi ketika itu menjadi bahan komoditi ekspor, harganya bisa dua atau empat kali lipat, bahkan bisa mencapai jutaan rupiah," ujarnya, Minggu, 15 Agustus 2021.

Di sisi lain, Edy mengatakan, komoditas pertanian di Kalteng juga sangat potensial untuk menjadi produk unggulan ekspor. Namun, beberapa di antaranya masih perlu diolah untuk meningkatkan nilai tambah.

Provinsi Kalteng, lanjut dia, akan mencoba memaksimalkan hasil-hasil pertanian dari program food estate yang hingga saat ini masih terus berjalan di beberapa kabupaten.

"Baik dalam bentuk pertanian padi, hortikultura, maupun sektor-sektor lainnya, seperti perikanan peternakan, dan sebagainya. Inilah saya kira potensi peluang sekaligus tantangan buat kita, bagaimana bisa mendorong, sehingga kita bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kalteng di tengah pandemi ini dengan memberdayakan potensi yang kita miliki," tutupnya. (NOPRI/B-7)

Berita Terbaru