Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penanganan HIV/AIDS di Kotim Terkendala Pandemi

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 16 Agustus 2021 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Komisi Penanggulangan Aids Kotawaringin Timur, mengaku terkendala dalam menangani penyebaran Human Immunodeficiency Virus (HIV) maupun Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di daerah itu saat masa pandemi seperti sekarang.

Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids Kotawaringin Timur, Asikin Arpan mengatakan, kendala yang dialami salah satunya adalah melakukan penyuluhan kepada masyarakat yang berpotensi tinggi tertular. 

"Salah satunya adalah kepada pelajar, kami tidak bisa masuk lewat orientasi sekolah. Padahal pelajar dan mahasiswa yang masuk kategori produktif ini yang sekarang paling dominan mengidap penyakit berbahaya ini," ungkapnya. 

Pandemi membatasi semuanya hingga menghambat percepatan 3 zero bagi daerah itu. Seharusnya percepatan pencapaian 3 zero menjadi keharusan bagi pemerintah dan stakeholder terkait dalam pelaksanaan program penanggulangan HIV-AIDS

Adapun 3 zero itu meliputi, zero (nol) infeksi baru, zero kematian terkait AIDS dan zero stigma dan diskriminasi menuju Indonesia bebas AIDS di tahun 2030.

"Tentu saja dalam menuju target tahun 2030 eliminasi  tiga zero itu menjadi terhambat," katanya. 

Untuk diketahui, HIV tetap terjadi di Kotawaringin Timur, meski saat ini serangan Covid-19 masih melanda. Parahnya jumlah kasus terus bertambah setiap tahunnya. 

Komisi Penanggulangan AIDS  Kotawaringin Timur mendata sejak Januari hingga Juni 2021, ada 25 kasus HIV dan AIDS ada sebanyak 13 kasus. Kasus baru, 9 laki-laki, 16 perempuan. (USAY NOR RAHMAD/B-7)

Berita Terbaru