Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maros Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua PWI Kalteng Harapkan Masyarakat Jeli Melihat Informasi di Medsos

  • Oleh Apriando
  • 16 Agustus 2021 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), M Harris Sadikin mengharapkan  masyarakat lebih jeli ketika mendapatkan informasi dan harus dipastikan kebenarannya. 

"Kebenaran informasi itu harus dilihat kembali, membiasakan diri untuk mengonfirmasi ulang informasi yang didapatkan, menjadi sebuah langkah penting. Hal itu bisa dimulai dari diri sendiri, agar informasi yang menyesatkan tidak mudah tersebar," katanya, Senin, 16 agustus 2021.

Haris meminta masyarakat jangan mudah terhasut, sehingga memudahkan masuknya paham radikal kedalam pemikiran. Bijak bermedia sosial menjadi bagian penting, agar terhindar dari paham radikal. Memilah informasi yang bermanfaat sebagai bahan postingan di media sosial, sangat penting dilakukan. 

“Biarkan diri kita menjadi tempat persinggahan terakhir informasi yang tidak mempunyai kemanfaatan. Tetapi ketika informasi itu dirasakan bermanfaat, tidak ada salahnya kita berbagi,” tegas Harris. 

Menurutnya, diri sendiri, harus menjadi benteng terakhir untuk menghindari keluarga, atau lingkungan terdekat dari paparan radikalisme. 

Tidak mudah mempercayai sebuah informasi, dan selalu mengujinya, menjadi bagian penting dalam melawan hoaks, maupun paham radikal yang disebar melalui media sosial. 

"Jangan mudah percaya terhadap paham-paham yang disebarkan. Ilmu yang memadai membuat masyarakat semakin pandai dalam mencerna setiap informasi yang didapatkan. Paling penting, dengan ilmu masyarakat bisa memilah mana informasi yang mempunyai asas kemanfaatan," pungkasnya. (APRIANDO/B-7)

Berita Terbaru