Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kotawaringin Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Palangka Raya Sarankan Vaksinasi Keluarga Dilakukan Terpusat

  • Oleh Hendri
  • 16 September 2021 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Palangka Raya, Hera Nugrahayu menyarankan agar pelaksanaan vaksinasi keluarga dilakukan secara terpusat. Hal itu untuk mempermudah pendataan pada sistem terpadu capaian vaksinasi yang diinput dinas kesehatan.

"Koordinasikan dengan pihak kelurahan, RT/RW supaya menyediakan tempat pelaksanaan vaksinasi. Karena jika door to door pendataan akan lama dan kendala juga bagi petugas vaksinator," katanya, Kamis, 16 September 2021.

Hera mengatakan sektor yang berperan penting dalam vaksinasi keluarga, yakni Dinas Kesehatan dan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat.

"Koordinasinya harus bagus, terutama pendataan bidan sebagai vaksinator dan berupaya meningkatkan kompetensi serta, sertifikasi bagi para bidan praktik mandiri untuk dapat melakukan vaksinasi," ujarnya.

Vaksinasi pada tingkat keluarga merupakan program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Vaksinasi Covid-19 dalam keluarga terdiri dari anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui di seluruh wilayah.


Vaksin berbasis keluarga ini diharapkan dapat memutus penyebaran Covid-19 klaster keluarga. Dengan vaksin berbasis keluarga, lebih mudah untuk mengetahui siapa yang sudah divaksinasi atau yang belum. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru