Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Tolak Izin Tambang Baru

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 16 September 2021 - 17:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran menegaskan akan menolak perizinan baru untuk pertambangan di Kalteng jika tidak memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Sugianto berharap dengan beralihnya perizinan dan pengawasan pertambangan ke pemerintahan pusat, pengelola sumberdaya mineral dapat lebih selektif dan teliti dalam perizinan.

“Kami meminta kepada Kementrian ESDM untuk tidak mengeluarkan izin pertambangan baru dulu. Kami juga meminta perizinan yang sudab mati untuk tidak diperpanjang lagi, dampaknya untuk masyarakat dan lingkungan sekitar kurang baik,” katanya.

Sugianto menyampaikan dari hasil evaluasi dan peninjauan keberadaan perusahaan pertambangan yang ada di Kalimantan Tengah masih belum memberikan kesejahteraan ke masyarakat.

Dia melihat kondisi desa-desa sekitar pertambangan dari segi infrastruktur seperti jalan, jembatan, sekolah, listrik masih minim dan masyarakat sekitar tambang masih belum sejahtera. 

Bahkan lebih parah lagi dampak kegiatan pertambangan menimbulkan lubang-lubang bekas tambang sebagian besar belum direklamasi. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru