Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aplikasi SILACAK Bantu Proses Tracing di Lapangan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 22 September 2021 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bersama Kodim 1014 Pangkalan Bun terus berupaya menekan laju penyebaran Covid-19. Salah satunya memaksimalkan tracing.

Guna mempermudah proses tracing, babinsa Kodim 1014 Pangkalan Bun mengikuti pelatihan penggunaan Aplikasi SILACAK (Sistem Informasi Pelacakan) yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kobar, Rabu, 22 September 2021.

Pelatihan untuk memberikan pemahaman petugas dalam penggunaan aplikasi di lapangan, sehingga dapat memudahkan babinsa, bhabinkamtibmas, dan surveilans tingkat kelurahan dalam melakukan tasting, tracing, dan treatment (3T).

"Aplikasi ini sangat membantu dan mendukung kami dalam melaksanakan kegiatan 3T di wilayah teritorial Kodim 1014 Pangkalan Bun," kata Babinsa Kelurahan Baru, Serda Eko Pujo.

Dia mengatakan, aplikasi itu memudahkan petugas dalam memantau orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi.

"Dengan cepatnya waktu pelacakan, maka dapat segera dilakukan identifikasi. Kemudian orang-orang yang disinyalir kontak erat dengan penderita covid-19 dapat segera melakukan isolasi mandiri," pungkasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru