Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keberadaan TPS 3R Diharapkan Rangsang Kepedulian Warga Terhadap Kebersihan

  • Oleh Norhasanah
  • 05 Oktober 2021 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara berharap, setelah beroperasinya TPS 3R Bukit Patung Jaya di Desa Bukit Sungkai, Kecamatan Balai Riam dapat merangsang warga untuk peduli terhadap masalah kebersihan atau persampahan.

"Keberada TPS 3R ini kita harapkan mampu menangani masalah persampahan di Desa Bangun Jaya khususnya," ucap Plt Kadis DLH Sukamara, Syamsir Hidayat, Selasa, 5 Oktober 2021.

Selain itu, dengan adanya tempat pengelolaan sampah juga mampu merangsang kesadaran warga untuk lebih peduli dalam pengelolaan sampah mulai dari rumah tangga, sehingga penanganan sampah diwilayah tersebut bisa semakin optimal.

"Diharapkan juga nantinya pengoperasian TPS 3R ini mampu memberikan dampak positif, yakni dapat mendorong peningkatan ruang terbuka hijau yang lebih asri di kecamatan Balai Riam," harapnya.

Serta penyerapan tenaga kerja, meningkatkan kesejahteraan anggota KPP dan masyarakat, mendorong sektor pertanian dan peternakan maupun perikanan melalui pupuk organik dan maggot yang dihasilkan.

Sementara itu, Bupati Sukamara, Windu Subagio berharap dengan terus dibangunnya sarana prasarana tempat pengelolaan sampah, maka permasalahan sampah kedepannya dapat diatasi.

"Saya berharap keberadaan TPS 3R ini bisa menjadi solusi penanganan sampah khususnya di Desa Bangun Jaya melalui kegiatan pemilahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan dan pemrosesan akhir sampah," tukasnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru