Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tawon Mematikan Bersarang di Pohon Mangga Bikin Resah Warga

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 11 Oktober 2021 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Anang, warga Jalan HM Arsyad, Kilometer 15 persen, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, resah. Tawon mematikan yakni tawon Vespa Affinis atau biasa disebut tawon ndas bersarang di sebuah pohon mangga di belakang rumahnya. 

"Sarang tawon tersebut berada pada dahan pohon mangga, dengan ketinggian kurang lebih 8 meter di belakang rumahnya," ucap Muhammad Febry, petugas yang ke lokasi keberadaan sarang tawon, Senin, 11 Oktober 2021.

Hal ini pun dilaporkan warga ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotawaringin Timur. Sesaat setelah mendapatkan laporan itu, petugas beserta peralatan lengkap dikerahkan ke lokasi.

"Setiba di kediaman pelapor, kami memastikan terlebih dahulu tentang keberadaan sarang tawon tersebut," kata Purwondo, petugas Disdamkarmat Kotim, lainnya. 

Setelah mendapatkan informasi, petugaspun langsung diarahkan ke belakang rumah pelapor dan melakukan persiapan.

Petugas melakukan penanganan dengan metode burning system, agar tawon vespa affinis tersebut tidak beterbangan di lingkungan sekitar yang akan mengakibatkan terganggunya kenyamanan, keamanan dan ketertiban warga sekitar. 

"Tak terlalu lama sarang tawon sepanjang 70 sentimeter itu pun kami amankan," tandasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-7)

Berita Terbaru