Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kampung KB Strategis Turunkan Angka Stunting

  • Oleh Asprianta
  • 18 Oktober 2021 - 16:05 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kampung Keluarga (KB) binaan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) memiliki peran strategis dalam membantu menurunkan angka stunting dan penanganan Covid-19.

Dimana, Kampung KB yang tersebar di 8 kecamatan tersebut mempunyai program kerja dan inovasi, khususnya dalam penanganan penurunan angka stunting dan Covid-19.

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Pulang Pisau dr. Bawa Budi Raharja melalui Sekretaris Ma'ruf Kurkhi mengaku, bersyukur bahwa hingga kini pembinaan terhadap Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di wilayah Kabupaten Pulang Pisau hasilnya cukup menggembirakan.

“Misalnya Kampung KB di Bulik Liti dengan inovasi Dapur Sehat anti Stanting atau DAHSAT. Pengurus Kampung KB Desa Bukit Liti juga ingin menjadikan desanya sebagai gerakan sayang ibu dan mewujudkan desa ramah perempuan dan peduli anak atau yang bisa disebut dengan DRPPA," ucap Ma'ruf.

Contoh inovasi lain, lanjut Ma'ruf, Kampung KB Desa Pahawan dengan Inovasi Kembang KASAGI. Harapan kita, dengan Inovasi tersebut dapat menyelesaikan angka stunting di desa tersebut.

Ma'ruf mengaku sudah menyelesaikan pembinaan kepada Kampung KB tersebut yang dimulai dari Monev, pembinaan kepada masing-masing Pokja, dan melaksanakan mekanisme lini lapangan berupa Pra Lokakarya Mini.

"Yang menggembirakan pada Lokakarya Mini tersebut, ternyata semua Kampung KB sudah mempunyai aksi dan rencana kerja yang sangat baik sekali dan dapat menunjang program-program pemerintah, khususnya dalam menangani dan membantu menurunkan angka stunting dan mencegah Covid-19," katanya.

Ma'ruf menjelaskan, jika sebelumnya telah melaksanakan Lokmin di Kampung KB Desa Hanjak Maju. Dengan inovasi Gerakan Siaga Stunting atau Gesit, kata Ma'ruf, berharap dapat membantu penurunan Stunting di desa tersebut.

“Alhamdulillah, semua Kampung KB sudah memiliki rencana aksi dan inovasi, yang semuanya mengarah pada penurunan angka stunting serta penanganan Covid-19,” ungkap Ma'ruf.

Sebagai tindak lanjut dari pembinaan Kampung KB, lanjutnya, pihaknya akan berkoordinasi dengan pimpinan untuk keterlibatan dari masingmasing OPD terkait peran serta dalam memajukan Kampung Berkualitas (KB) demi kesejahteraan masyarakat desa.

Berita Terbaru