Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keberadaan Tawon Mematikan Hantui Nenek di Kota Besi Ini

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 20 Oktober 2021 - 11:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Siti Aminah, warga Jalan Tjilik Riwut, Kelurahan Kota Besi Hulu, Kecamatan Kota Besi, resah terhadap keberadaan sarang tawon Vespa affinis di belakang rumah. Dia meminta pertolongan ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotim, Selasa 19 Oktober 2021. 

"Sarang tawon tersebut berada di ranting pohon jambu di belakang rumah kami," katanya, Rabu 20 Oktober 2021. 

Mendapatkan laporan itu sebanyak 8 personel Disdamkarmat Kotim meluncur ke lokasi pelapor. Setibanya di lokasi petugas memastikan keberadaan sarang tawon mematikan itu 

"Kami menanyakan terlebih dahulu tentang keberadaan sarang tawon tersebut. Setelah mendapatkan informasi, kami diarahkan ke belakang rumah pelapor dan melakukan persiapan," ungkap Muhammad Marjuki, petugas yang datang ke lokasi sarang tawon. 

Setelah melihat situasi dan kondisi wilayah sekitar, petugas pun sepakat memusnahkan sarang tawon itu dengan cara pembakaran. 

"Kami menggunakan metode burning system atau sistem pembakaran," ucap Purwondo petugas Disdamkarmat Kotim lainnya. 

Pemusnahan dengan cara pembakaran terpaksa dilakukan agar menghindari tawon beterbangan di lingkungan sekitar. Sehingga tak membahayakan warga lainnya. 

Hanya beberapa saat pemusnahan pun berhasil sukses dilakukan. Sarang yang memiliki panjang sekitar 70 senti meter itu langsung diamankan. Warga pun lega dan bisa beraktivitas seperti biasa tanpa harus khawatir disengat. (USAY/B-6) 

Berita Terbaru