Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tumbang Samba Mulai Digenangi Banjir, Ini Kata Camat Katingan Tengah

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 November 2021 - 06:45 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Sejumlah wilayah di Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah sejak dua hari terakhir nulai digenangi banjir akibat luapan Sungai Katingan dan Samba. 

Camat Katingan Tengahz Yobie Sandra dikonfirmasi, Kamis,  11 November 2021 mengatakan hari ini banjir di sejumlah tempat sudah berangsur surut. 

"Memang ada kenaikan debit air dari hulu dan mengenangi beberapa daerah yang rendah, tapi sore ini air sudah mulai surut," kata Camat Katingan Tengah,  Yobie Sandra. 

Yobie berharap air kiriman dari wilayah hulu tidak bertambah lagi,  sehingga wilayahnya aman dari banjir. 

Namun demikian jika air dari hulu terus bertambah naik maka wilayahnya juga terdampak banjir.

Sebab,  Sungai Katingan dari wilayah hulu melintasi wilayah Katingan Tengah.  Selain itu juga jika air Sungai Samba meluap wilayah Katingan Tengah terutama Kota Tumbang Samba juga bakal terdampak. 

Pasalnya,  Sungai Samba bermuara di Sungai Katingan wilayah Kecmatan Katingan Tengah.

Titik temu air dari dua sungai tersebut kemudian mengalir ke Sungai Katingan melintasi wilayah Tumbang Samba hingga ke bagian hilir wilayah itu,  sepertj Pulau Malan,  Tewang Sanggalang Garing,  Katingan Hilir,  Tasik Payawan dan Kamipang serta Kecamatan Mendawai.

Yobie Sandra juga menuturkan jika dalam beberapa hari terakhir curah hujan di wilayah Katingan masih tinggi dengan rata-rata setiap hari hujan. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru