Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala KUA Selat Bimbing Mahasiswa PKL Simulasi Prosesi Akad Nikah

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 Desember 2021 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala KUA Kecamatan Selat, H Nabchan membimbing dan menyaksikan simulasi prosesi akad nikah yang dilakukan oleh mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin sebagai bahan laporan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan pada KUA setempat.

Pelaksanaan simulasi berlangsung di ruang balai Nikah KUA Kecamatan Selat. Ada yang berperan sebagai Calon Pengantin (Catin), ada juga wali nikah. Semuanya dilakukan oleh Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin.

Nabchan yang menyaksikan mengatakan, mereka melaksanakan dengan sangat baik meski masih terbata. Namun keseluruhan, sudah bagus terutama dalam administrasi persyaratan nikah sampai pelaksanaan akad ijab qabul nikahnya.

“Sebagai simulasi menurut saya sudah bagus tinggal memperlancar saja lagi," kata Nabchan, Rabu 8 Desember 2021.

Tidak hanya itu, lanjut Nabchan, mahasiswa UIN Antasari itu juga diajarkan pelayanan KUA seperti zakat, wakaf, data rumah ibadah masjid musala, bahkan penanganan sosial keagamaan juga ikut dilibatkan.

“Semua bentuk pelayanan pada KUA Kecamatan selat selalu kita libatkan, hal ini bertujuan agar mereka mengetahui dan memberikan pengalaman dalam praktek kerja lapangannya," ucapnya.

Pengalaman praktek kerja lapangan memang lebih didampingi tentang prosesi nikah hal ini sesuai dengan Jurusan Mahasiswa yang praktek yaitu Ahwal Al Syafi’iyah (Hukum Keluarga).

"Sehingga lebih banyak kita berikan pengalaman prosesi nikah dan juga lebih banyak memberikan manfaat sebagai khazanah ilmu yang bisa mereka terapkan dan aplikasikan setelah lulus nanti apabila berdaptasi di tengah-tengah masyarakat nanti," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru