Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Diminta Berikan Pelatihan Wirausaha Bagi PNS Memasuki Masa Pensiun

  • Oleh Hendri
  • 22 Desember 2021 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Norhaini menyarankan, agar pemerintah memberikan pelatihan wirausaha Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memasuki masa pensiun.

Dengan begitu, dapat membantu para PNS merencanakan usaha ekonomi produktif seusai pensiun. Pelatihan dimaksud yakni dengan memberi pembekalan pengetahuan dan keterampilan wirausaha kepada para calon pensiunan PNS. Misalnya pemberian keterampilan budidaya di bidang pertanian dan sebagainya.

“Pembekalan ini diharapkan dapat memotivasi para PNS agar menyiapkan fisik dan mental memasuki masa purna tugas, sehingga ketika purna tugas para ASN ini bisa tetap melakukan aktivitas fisik,” katanya, Rabu 22 Desember 2021.

Masa pensiun menurutnya bukan akhir untuk berkarya. Untuk itu diperlukan bekal agar semasa pensiun tetap produktif dan terus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar.

“Siapkan mental psikologis untuk menghadapi situasi yang baru. Jangan berhenti untuk berkarya di lingkungan sosial masing-masing,” ujar Srikandi dari Fraksi Partai Golkar itu.

Para PNS yang telah puluhan tahun mengabdi secara kedinasan itu, lanjut Norhaini, telah memiliki ketrampilan dan kemampuan sesuai bidang yang dijalaninya. Hal tersebut tentunya dapat diterapkan untuk mengabdi di tengah masyarakat dengan berkarya, salah satunya berwirausaha.

“Kemampuan yang dimiliki selama bekerja merupakan potensi diri yang masih bisa dikembangkan dan dimanfaatkan ditengah masyarakat. Sehingga dapat ikut serta mendukung keberhasilan pembangunan daerah,” pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru