Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Hilirisasi Industri Diharapkan Tak Putus di Tengah Jalan

  • Oleh Donny Damara
  • 19 Januari 2022 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Saat ini pemerintah provinsi Kalteng tengah berupaya mendorong hilirisasi industri, guna untuk meningkatkan nilai tambah produk yang dikirim dari Kalteng.

Menanggapi itu anggota DPRD Kalteng, Sudarsono mengatakan pembangunan hilirisasi industri di Kalteng ini harus diperhatikan dengan serius oleh pemerintah daerah, dan diharapkan tidak putus ditengah jalan.

"Pembangunan hilirisasi industri tersebut harus dihitung secara cermat dan terperinci, sehingga tidak putus di tengah jalan. Karena, pembangunan industri ini memberikan manfaat yang besar bagi daerah," ucapnya, Rabu, 19 Januari 2022.

Dia menjelaskan, pembangunan hilirisasi industri di Kalteng sendiri memang sangat layak. Sebab, selain untuk meningkatkan nilai dari bahan baku atau produk daerah. Hilirisasi industri juga memberikan manfaat bagi masyarakat lokal, dari segi peningkatan hasil sumber daya alam yang ada.

Hilirisasi industri yang dinilai dapat menjaga kekuatan perekonomian, tidak hanya berskala daerah tetapi juga nasional agar tidak mudah terombang-ambing di tengah fluktuasi harga komoditas.

Oleh karena itu, hilirisasi industri di Kalteng perlu dipacu pertumbuhan dan pengembangannya, karena berperan penting meningkatkan nilai tambah SDA untuk dibuat sebagai barang setengah jadi hingga produk jadi.

"Sampai saat ini hasil alam, baik rotan, karet, kayu, sawit, maupun yang lainnya, pada umumnya masih dijual dalam bentuk bahan mentah atau barang setengah jadi. Tentu nilainya tidak seberapa jika dibandingkan dengan barang jadi. Maka dari itu pengembangan ini harus didorong agar manfaat bagi daerah bisa lebih besar," imbuhnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru