Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bapemperda Sampaikan Hasil Kajian Raperda Pokir DPRD Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 Februari 2022 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Badan Pembentukan Peraturan Daerah atau Bapemperda DPRD Barito Timur menyampaikan hasil kajiannya atas Raperda inisiatif tentang pokok-pokok pikiran atau Pokir DPRD dalam rapat paripurna yang digelar, Kamis, 17 Februari 2022.

Ketua Bapemperda DPRD Barito Timur, Janjo Briano dalam penjelasannya mengatakan dengan Perda Pokir DPRD nanti maka ada pedoman dan keterbukaan dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah atau RKPD antara DPRD dan pemerintah daerah adanya keterbukaan sehingga dapat mengakomodir kepentingan dan aspirasi masyarakat serta menyelaraskan rencana pembangunan jangka menengah daerah atau RPJMD Barito Timur.

"Perda ini juga aka menyelaraskan penyusunan RKPD pemerintah daerah bersama DPRD yang disusun terencana, terpadu dan sistematis melalui sistem e-planning," ujar Janjo.

Selain itu, Perda Pokir DPRD akan memberikan kepastian hukum dalam penyusunan RKPD pemerintah daerah
sehingga tepat sasaran dan sesuai dengan ketersediaan anggaran yang riil
pada program prioritas pemerintah daerah.

Sementara itu Ketua DPRD Barito Timur, Nursulistio, yang diwawancarai usai memimpin rapat paripurna tersebut mengatakan, pembentukan Perda Pokir DPRD diharapkan menjadi payung hukum sehingga aspirasi masyarakat yang diterima DPRD melalui kunjungan ke lapangan atau reses disampaikan ke Bappedalitbang sehingga masuk dalam RKPD.

"Jadi dengan ada Perda yang mengatur, aspirasi masyarakat benar-benar bisa ter-cover RKPD,"

Lanjutnya setelah penyampaian hasil kajian Raperda Pokir DPRD, akan ada rapat kerja di DPRD dan pembahasan lanjutan dengan pemerintah daerah agar segera ditetapkan menjadi Perda. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru