Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lemkapi: Anggota TNI - Polri Harus Loyal ke Pimpinan Negara Soal IKN

  • Oleh ANTARA
  • 04 Maret 2022 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan menilai seluruh anggota TNI dan Polri harus loyal ke pimpinan negara soal keputusan pindah Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur.

"TNI dan Polri adalah bagian dari negara dan pemerintah. Sudah seharusnya seluruh jajaran Polri dan TNI harus loyal terhadap pimpinan negara. Harus 'satya haprabu' (setia kepada pimpinan negara)," kata Edi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Menurut pakar hukum kepolisian dari Universitas Bhayangkara Jakarta ini, tentara dan polisi di seluruh dunia memiliki aturan, termasuk harus tunduk dan loyal kepada pimpinan negara.

"Tidak ada anggota Polri dan TNI yang boleh berbeda pandangan atau beda pendapat kalau menyangkut kepentingan bangsa dan negara. Semua keputusan negara harus didukung oleh aparat negara," katanya menegaskan.

Dia mengatakan kalau masih ada oknum anggota Polri dan TNI yang mempersoalkan keputusan negara, maka aparat negara seperti itu layak diberikan sanksi tegas.

Mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini mendukung Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang memerintahkan Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) serta Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri untuk mengawasi disiplin seluruh anggotanya agar Polri kompak mendukung kebijakan pemerintah.

Sebelumnya, saat memberikan arahan pada Rapat Pimpinan TNI dan Polri Tahun 2022 di Markas Besar TNI, Jakarta, Selasa (1/3), Presiden Joko Widodo menyinggung adanya perdebatan di grup perbincangan WhatsApps anggota TNI dan Polri soal IKN baru.

Menurut Jokowi, pembangunan dan perpindahan IKN sudah tidak bisa lagi diperdebatkan oleh anggota TNI dan Polri karena sudah menjadi keputusan pemerintah yang disetujui DPR RI.

Ketika membuka Rapat Pimpinan (Rapim) Polri 2022 di Jakarta, Rabu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengingatkan seluruh jajarannya dan keluarga besar Polri untuk berdisiplin dan menaati aturan yang berlaku di institusi tersebut.

Kedisiplinan itu, kata Sigit, tidak hanya anggota Polri, tetapi juga berlaku kepada istri dan anak anggota Polri.

Ia mengingatkan seluruh keluarga besar Polri memiliki aturan dan disiplin yang berbeda dengan masyarakat sipil sehingga harus taat dan tunduk dengan aturan tersebut.

ANTARA

Berita Terbaru