Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Daerah Diminta Proaktif Data dan Petakan Lahan Sawit Masyarakat yang Masuk Kawasan Hutan

  • Oleh Donny Damara
  • 24 Maret 2022 - 21:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Daya - Pj Sekda Kalteng, Nuryakin meminta kepada seluruh daerah di Kalteng melalui dinas perkebunan supaya proaktif mendata dan memetakan lahan sawit masyarakat yang masih terindikasi berada dalam kawasan hutan.

Sehingga dengan adanya pendataan dan pemetaan tersebut Dinas perkebunan akan memiliki data kondisi existing luas lahan sawit masyarakat pekebun yang tersebar di kabupaten dan kota yang ada di Kalteng.

"Dengan diketahuinya data itu juga kedepan akan memudahkan dalam upaya penyelesaian tata ruangnya, terutama dari sektor kehutanan dan penataan ruang untuk komoditi perkebunan serta sektor lainnya di Kalteng," ucapnya, Kamis, 24 Maret 2022.

Selain itu untuk membangun kelapa sawit berkelanjutan perlu dukungan penyelesaian permasalahan terkait legalitas lahan, produktivitas, dan membangun sinergitas kemitraan antar lembaga, terutama PBS dengan masyarakat pekebun swadaya melalui pola plasma maupun kemitraan lainnya.

Dia mengingatkan supaya kabupaten dan kota di Kalteng yang belum menyusun dokumen rencana aksi daerah perkebunan kelapa sawit berkelanjutan agar segera menyusunnya dengan mengacu pada Inpres Nomor 6 Tahun 2019.

"Juga Pergub Kalteng No 2020 tentang rencana aksi daerah perkebunan kelapa sawit berkelanjutan Kalteng dengan mekanisme penyusunannya menyesuaikan panduan Kemendagri," jelasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru