Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Buaya Muara Penghuni Sungai Ratik Muncul Lagi

  • Oleh Wahyu Krida
  • 19 April 2022 - 19:21 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Munculnya buaya muara (Crocodylus Porosus) yang berukuran sekitar 3 meter lebih di Sungai Ratik di Dusun Sei Umbang, Desa Sungai Bakau, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat menghebohkan warga.

Bahkan sosok reptil tersebut sempat tertangkap kamera warga dan menuai kehebohan tersendiri di media sosial.

Saat dikonfirmasikan kepada petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun Muda Yukivan, Selasa, 19 April 2022 yang bersangkutan membenarkan bahwa lokasi kemunculan buaya tersebut di Sungai Ratik.

"Memang dari laporan yang masuk, beberapa kali warga setempat melihat adanya kemunculan buaya. Bahkan sekitar awal tahun 2021 buaya tersebut juga sempat muncul. Bahkan keramba ikan milik salah seorang warga setempat juga sempat dimasuki buaya yang ukurannya sekitar 1 meter. Setelah pemilik keramba menangkap buaya itu, reptil tersebut kemudian diserahkan pada petugas kami untuk dilepasliarkan ditempat yang lebih aman," jelasnya.

Menurutnya beberapa hari belakangan ini, warga sekitar lokasi juga sempat melihat kemunculan 2 ekor buaya muara dalam waktu yang tidak bersamaan.

Karena dalam 2 kali kemunculan, ukurannya tidak sama sehingga kesimpulan sementara ada 2 ekor buaya yang muncul.

"Rencananya kami akan kembali memasang spanduk peringatan agar berhati-hati dan waspada dengan adanya buaya. Lantaran spanduk pengumuman yang sebelumnya sudah kami pasang beberapa waktu lalu diketahui hilang dengan sebab yang tidak diketahui," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru